Multimedia

0


A. Definisi Multimedia
Multimedia menurut etimologi atau asal usul bahasanya berasal dari kata multi (latin) “multus” yang berarti banyak atau lebih dari satu. Dan media (latin) berasal dari kata latin medius yang merupakan bentuk jamak dari kata “medium”, yang berarti perantara atau pengantar.

Multimedia berarti gabungan beberapa unsur teks, grafis, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi atau pertunjukkan yang menakjubkan. Multimedia memilikikomunikasi interaktif atau saling keterikatan yang tinggi. Dalam dunia computer multimedia dapat diartikan sebagai informasi atau info komputer yang dapat disajikan melalui audio/suara atau video/gambar, teks/tulisan, grafik/tabel dan animasi/fiktif.

B. Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli
a) Menurut Rosch, 1996
Kombinasi dari komputer dan video.
b) Menurut mc. Comick, 1996
Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan tekt.
c) Menurut Robin dan Linda, 2001
Alat yang dapat menciptakan persentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.
d) Menurut turban, dkk 2002
Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
Sumber : https://klipaa.com/story/3016-artikel-multimedia

C. Unsur – unsur Multimedia
Multimedia adalah data dalam bentuk digital yang kemudian digunakan sebagai informasi ketika data tersebut disampaikan kepada orang lain. Melalui multimedia informasi dikatakan dalam media yang lebih kreatif dan menarik, sehingga informasi yang disebarluaskan dapat dinikmati oleh banyak orang. Berikut adalah unsur dalam multimedia:
1). Gambar
Gambar adalah data digital yang memberikan informasi secara deskriptif dengan memberikan ilustrasi visual atau penglihatan yang statis atau tidak bergerak. Contohnya adalah potret dan lukisan.
2). Audio
Audio adalah data digital yang tidak mewakili ilustrasi visual, seperti gambar. Namun, audio hanya memberikan informasi melalui suara secara dinamis. Misalnya musik dan rekaman.
3). Video
Video adalah sejumlah data digital yang digabungkan, yaitu gambar dalam video menjadi bergerak dan disinkronkan dengan data audio, bahkan jika diperlukan teks dapat ditambahkan dalam data video. Gambar yang digunakan berupa foto, video secara etimologis memiliki arti gambar atau data yang dinamis. Biasanya video dibuat menggunakan kamera yang
memiliki fitur video.
4). Animasi
Animasi adalah gambar yang didesain menggunakan aplikasi, kemudian gambar tersebut dibuat bergerak. Animasi merupakan tiruan dari suatu hal yang nyata, meskipun produksi animasi dapat memberikan informasi yang jelas.
5). Teks
Teks adalah data berupa artikel yang sering digunakan untuk menggambarkan atau mencerminkan suatu peristiwa atau objek dengan kalimat. Contohnya adalah artikel ini, yang menyampaikan informasi secara tertulis.
Sumber : https://lambeturah.id/pengertian-multimedia/

D. Jenis – Jenis Multimedia
1). Multimedia Interaktif
Jenis multimedia yang pertama adalah multimedia interaktif yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol berbagai komponen di dalamnya. Tipe pertama ini mengkhususkan diri dalam personalisasi penggunaan multimedia sesuai dengan keinginan pengguna.
2). Multimedia Hiperaktif
Jenis multimedia hiperaktif adalah jenis komunikasi multimedia yang memanfaatkan hubungan antar setiap komponen dalam multimedia. Multimedia hiperaktif ini juga bersifat interaktif sehingga pengguna dapat memilih berbagai asupan informasi sesuai dengan seleranya melalui
berbagai link yang tersedia.
3). Multimedia Linier
Multimedia linier adalah jenis multimedia yang memiliki sifat non-interaktif. Artinya pengguna hanya dapat menikmati berbagai penyajian informasi secara linier. Itu dilakukan tanpa memiliki kesempatan untuk mengendalikannya secara mandiri.
4). Multimedia Kit
Jenis multimedia selanjutnya adalah multimedia kit yang digunakan untuk pembelajaran, yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan disusun berdasarkan satu topik. Perangkat yang diklasifikasikan sebagai kit multimedia adalah CD-ROM, kaset audio, transparansi overhead, gambar statis, dan sebagainya.
Sumber : https://lambeturah.id/pengertian-multimedia/

E. Manfaat dan Pengaplikasian Multimedia
1). Sebagai Fasilitas Informasi Umum
Saat ini banyak lembaga pelayanan publik yang lebih mudah menyebarkan informasi dengan memanfaatkan multimedia. Mereka hanya perlu menyediakan infrastruktur peralatan yang memadai untuk kemudian dipasang di berbagai lokasi dan media yang strategis.
Dengan begitu, masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan informasi secara langsung dengan mudah. Multimedia dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari
stasiun, bandara, pusat perbelanjaan, tempat wisata, hingga institusi pendidikan.
Saat ini juga terdapat berbagai perangkat seperti komputer, laptop, dan gadget untuk berbagi informasi, sehingga tidak perlu pergi ke tempat tertentu untuk mendapatkan informasi.
2). Sebagai Media Pembelajaran
Manfaat selanjutnya dengan adanya multimedia adalah dapat menjadi sarana atau media pembelajaran. Di banyak lembaga pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, multimedia digunakan sebagai media pembelajaran.
Penggunaan multimedia ini memberikan hasil yang baik karena paling efektif. Metode pengajaran yang monoton dan membosankan menjadikan multimedia sebagai inovasi yang sangat unik agar siswa mengetahui dan menikmati metode pengajaran yang menggunakan multimedia ini.
Salah satu contoh penerapan penggunaan multimedia dalam media pembelajaran adalah saat membuat presentasi. Dimana siswa juga menggunakan media interaktif untuk mengerjakan presentasi hasil belajar dengan memanfaatkan peralatan laptop dan proyektor.
Multimedia juga merupakan sarana yang tepat untuk memahami apa minat setiap siswa, mereka memiliki kebebasan untuk memilih hobinya masing-masing, belajar sesuai keinginannya, sehingga siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran di sekolah.
3). Untuk Membantu Memajukan Ilmu Medis
Dengan berkembangnya teknologi khususnya multimedia, kini dapat membantu dalam bidang medis, salah satunya penemuan alat pemindai USG. Dengan bantuan USG memungkinkan dokter mengetahui keadaan janin dalam kandungan, salah satunya untuk melihat jenis kelamin janin.
Inilah salah satu contoh pemanfaatan multimedia dalam bidang kesehatan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Perangkat USG bukan satu-satunya perangkat multimedia yang ditemukan di dunia Kesehatan.

Ada juga yang disebut pemindai sinar-X, yang merupakan alat penting bagi dokter untuk mendiagnosis masalah kesehatan pada pasiennya. Penemuan medis ini sangat membantu pekerja media dalam upaya mereka untuk menyembuhkan dan mengamankan pasien mereka.
Sumber : https://lambeturah.id/pengertian-multimedia/

Demikian artikel multimedia ini kami buat untuk menambah wawasan tentang sejarah, elemen, jenis, dan pemanfaatan multimedia bagi pembaca.

Disusun Oleh :

1. Afrizal Muhammad 221481001
2. Diko Pradiva Putra 221481003
3. Kenar Abinaya 221481007
4. M Dziki Al Faruq 221481006
5. Muhammad Sidik Prasetyo 221481008
6. Richgel Alyala 221481015

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !