Font dan Teks

0


Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan keberadan font dan teks, yang mungkin sering kita gunakan ketika membuat makalah, naskah film, credit title, subtitle, dan masih banyak lagi kegunaannya. Namun apakah kita sudah benar-benar mengerti apa itu font dan teks?


Kira-kira apa itu font? Pengertian font sendiri adalah representasi grafis dari teks yang dapat menyertakan jenis huruf, ukuran titik, berat, warna, atau desain yang berbeda. Agar lebih memahami tentang apa itu yang dimaksud dengan font, pastinya kita juga harus mengetahui tentang sejarah awal mereka bukan? Secara historis, kata font, atau source, berarti sekumpulan karakter yang berbeda yang diukir dari kayu atau dibentuk dari logam cair dalam cetakan. Font pertama mungkin muncul ketika teknik pencetakan pertama dikembangkan. Itu terjadi di daerah Asia Timur, di suatu tempat selama tahun 206 SM – 220 M, ketika orang-orang Cina mulai menggunakan cetakan balok kayu pada kain dan kertas.

Fungsi utama font digunakan yaitu untuk menambah gaya ke halaman web atau dokumen. Artinya, font dapat digunakan untuk mengatur atau mencocokkan “nada” dari teks berdasarkan konten. Selain itu, font tertentu juga memengaruhi pembacaan tergantung pada medianya. Software seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan WordPad merupakan contoh software yang memungkinkan pengguna untuk mengubah font yang digunakan saat mengetik teks dalam dokumen atau spreadsheet.

Terdapat 2 (dua) kategori font paling dasar, yaitu adalah “Serif” dan “Sans-Serif.” Serif font yang menyertakan garis-garis kecil ini disebut font Serif. Kata “sans” berarti “without atau tanpa,” jadi font Sans-Serif artinya tidak memiliki baris tambahan ini. Secara umum, font Serif memiliki tampilan tradisional dan sering digunakan dalam buku cetak dan koran. Sementara font Sans-Serif memiliki tampilan yang lebih modern dan biasanya digunakan di web.

Jadi kesimpulannya font adalah sekumpulan karakter teks yang dapat dicetak atau ditampilkan dalam gaya dan ukuran tertentu. Jenis desain untuk satu set font adalah typeface (jenis huruf) dan variasi desain ini membentuk family (keluarga) jenis huruf.

Setelah memahami pengertian font, sekarang kita coba untuk mengenal pengertian dasar tentang teks. Teks adalah ungkapan bahasa yang menurut isi, sintaksis, dan pragmatik merupakan satu kesatuan. Dari pengertian tersebut dapat diartikan teks adalah suatu kesatuan bahasa yang memiliki isi dan bentuk, baik lisan maupun tulisan yang disampaikan oleh seorang pengirim kepada penerima untuk menyampaikan pesan tertentu.

Menurut Baried, teks artinya kandungan atau muatan naskah, sesuatu yang abstrak hanya dapat dibayangkan saja. Teks terdiri atas isi, yaitu ide-ide atau amanat yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca. Cerita dalam teks dapat dibaca dan dipelajari menurut berbagai pendekatan melalui alur, perwatakan, gaya bahasa, dan sebagainya.

Dalam membuat teks tentunya kita harus memperhatikan teknik-teknik dalam menulis.
Berikut adalah beberapa teknik menulis yang bisa dilakukan :
1. Jenis Tulisan
2. Pertimbangan Pembaca
3. Orientasi Publik
4. Tentukan tema dan ide tulisan
5. Pengembangan ide
6. Unsur Tulisan
7. Gaya Tulisan
8. Ejaan yang disesuaikan
9. Melakukan penyutingan

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai pengertian Font, serta teks. Semoga apa yang Kami sampaikan disini bermanfaat serta dapat manambah wawasan kita semua terutama. Sekian dan terima kasih

Oleh:

Ardharasha Weweka Kawistara (221481055),
Muhammad Dzaky Santoso (221481056),
Deva Yuananda Anggoro (221481057),
Birgita Herna Angelita (221481058),
Haidar Ghazy Arkan (221481059),
Hielmy Aditya Permana (221481060)

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !