Vector

0


Pendahuluan.
Di era serba digital sekarang ini sebagian orang telah mengenal desain grafis sebagai salah satu karya seni rupa. Sebagian dari yang lain ternyata masih ada yang belum mengenal atau bahkan tidak bisa membuat karya grafis yang baik. Secara teknis terdapat 2 teknik desain grafis yaitu digital dan non digital. Teknik digital pada umunya menggunakan media komputer yang disebut grafis. Komputer ada dua jenis, yaitu vektor dan restar atau bitmap.

Karya vektor berbeda dengan karya bitmap. Karya dengan basis vektor pada umumnya jika di-zoom tidak akan pecah dan kapasitas file yang dipakai sedikit berbeda dengan bitmap jika diperbesar akan pecah dan kapasitas yang dipakai besar. Pada saat ini karya yang seperti itu sudah sangat populer sehingga banyak grafikus berkarya dengan model lalu membuatnya sebagai karya vector. Salah satu karya vector adalah karya vector art suatu karya yang dibuat dengan aplikasi bebasis vector dengan laptop, komputer, handphone dan sebagainya. Karya ini merupakan perpaduan dari garis (line), gelap terang dan warna yang dikomposisikan dengan tujuan menciptakan kemiripan pada objek gambar yang dijadikan sebagai model dan setiap karyanya pasti akan memiliki karakter. Dimana objeknya adalah suatu tiruan `benda, orang, tumbuhan, binatang, pemandangan alam.

Vektor merupakan satu format yang dapat membuat gambar dalam size yang besar serta sistematis dalam hal segi grafis. Keunggulan yang dimiliki vektor adalah sektor pixel yang mampu menghasilkan resolusi sesuai apa yang kita inginkan dan file projectnya nya tidak berat seperti psd. Desain Vektor adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh seorang designer supaya bisa mencetak size yang besar tapi tetap mega bit file. Jikalau kita meng-zoom gambar dalam vektor tidak akan pecah sebab dikhususkan untuk file besar tetapi tetap dengan size file yang kecil.

Sebagian besar designer menggunakan Adobe Illustrator. File format desain vektor ada banyak, yaitu PNG, TIFF, JPEG dan lain sebagainya. Untuk hasil yang tidak memakai background bisa menggunakan file PNG, sedangkan untuk background berwarna bisa menggunakan file JPEG dan untuk file ukuran cetak besar menggunakan file TIFF lalu untuk mentahannya di-save dalam bentuk AI atau PDF. Keunggulan simpan dalam bentuk PDF adalah untuk menjadikan file cetak dan file mentah pada Adobe Ilustrator.

Dalam hal grafis, karakteristiktik yang dimaksud adalah karakteristiktik seni vektor ditinjau garis, warna, dan gelap terang. Setiap karya seni rupa pada hakikatnya akan memperlihatkan karakteristiktik tersendiri. Garis mempunyai peranan yang besar dalam memberikan kesan visual menarik terhadap sebuah karya seni. Beberapa karakteristiktik garis pada seni vektor adalah garis yang ditarik secara ekspresif menampilkan irama gerak dan arah pada keseluruhan gambar, adanya ketebalan dan ketipisan disetiap garis.

Berikut salah satu contoh gambar vektor :

Sumber : Simomot.com

Ada beberapa keuntungan dalam menggambarkan karakteristik vektor, yang pertama yaitu :
• Kualitas gambar terjaga
Kualitas gambar vektor bergantung pada resolusi monitor pengguna. Hal tersebut dikarenakan grafik vektor tidak terdiri dari rangkaian pixel yang bergantung pada resolusi gambar. Oleh karena itu vektor dapat di skalakan ke segala size tanpa kehilangan quality grafisnya.
• Ukuran kecil
Gambar vektor memiliki ukuran file yang lebih kecil, sebab tidak ada pixel data bit dalam file vektor. Yang terdapat hanya poin perhitungan, karena itu meskipun ukuran file-nya diperkecil tetapi tetap dapat menghasilkan resolusi yang besar.
• Mudah custom
Untuk dapat mengedit file vektor, memerlukan software editing seperti Adobe Illustrator. Dan file vektor dengan format seperti AI dan EPS sehingga dapat diedit kembali jika membuka di Adobe Illustrator. Mengapa grafik vektor mudah diedit karena termasuk path, gambar vektor mudah diskalakan besar-kecilnya.

Disusun oleh :
Bima Nugraha Putra (191481004)
Syifa’ Ghaits Nabila Salsabila (191481084)
Dominico Ekaristi Widiaji (211481040)
Ahmad Iqbal Shidiq (221481046)
Syarif Muttaqin (221481047)
Baqiuddin (221481048)

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !