Warna dalam Komputer

0


Warna adalah elemen penting dalam sebuah komputer. Di dunia komputer ada banyak sistem warna, antara lain RGB (Red-Green-Blue), CMYK (Cyan-Magenta-Yellow Black), LAB Color (lightness A (Green-red axis) B(blue yellow axis)), HLS (Hue-Lightness-Saturation). Banyaknya sistem warna karena ada perbedaan dalam aplikasi saat cetak.

Teori Warna merupakan teori yang berguna dalam pengembangan elemen multimedia, khususnya berupa image atau video. Pemilihan warna dalam pengembangan multimedia pembelajaran merupakan hal penting yang turut menentukan kelayakan sebuah program paket multimedia. Penggunaan warna yang sesuai dalam multimedia pembelajaran dapat membangkitkan motivasi, perasaan, perhatian, dan kesediaan siswa dalam belajar.

Kata Kunci: Teori, Warna, Multimedia

Pendahuluan
Warna adalah bagian dari keindahan. Setiap orang secara alamiah menyukai sesuatu yang indah. Dalam mendesain produk-produk pembelajaran pewarnaan merupakan salah satu unsur yang sangat penting. Ia memberikan keindahan pada unsur-unsur visual yang ditampilkan. Pewarnaan yang sesuai dapat mendukung suatu pesan atau informasi tersampaikan dengan baik.

Warna itu seni. Setiap warna mengandung unsur-unsur estetis yang harus diperhatikan dengan seksama oleh para pengembang produk-produk pembelajaran. Pemilihan warna yang sesuai akan menjadikan desain produk-produk pembelajaran lebih komunikatif dan estetis. Warna adalah elemen terpenting dalam desain grafis. Warna menjadi indikator pembeda antara satu objek dengan yang lain. Dari sudut pandang ilmu fisika, warna dihasilkan dari representasi sinar putih yang dihasilkan oleh matahari atau bola lampu pada spektrum prisma.

Pembahasan

Pengertian Warna
Warna merupakan hasil dari persepsi mata manusia dalam melihat suatu objek (psychophysiological). Berdasarkan hasil penelitian Sir Isaac Newton (1666), yaitu saat ia menemukan beberapa warna dari hasil pembiasan cahaya putih yang berasal dari cahaya matahari pada prisma kaca, ia menyimpulkan bahwa warna dapat diartikan sebagai refleksi cahaya yang alami dari objek.

Warna dalam kaitan visual memiliki arti rona, corak, atau kesan yang diperoleh seperti hitam, hijau, merah, putih. Hal ini disebabkan karena adanya cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda tersebut, oleh karena itu cahaya dan mata memiliki peran penting dalam hal ini.

Cahaya merupakan radiasi yang bergerak dengan kecepatan tinggi yang bergerak melalui benda-benda tembus pandang, seperti kaca atau air, tetapi akan memantul ketika mengenai benda padat dan benda padat tersebut akan memancarkan cahaya itu. Mata bertindak sebagai media penangkap warna dari sumber cahaya.

Sifat cahaya terhadap warna 
a. Hue adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan nama warna, yang terdiri atas 12 warna paling cerah dan murni. Terdapat tiga pembagian dalam hue, yaitu :
• Warna Primer, yaitu merah, kuning, dan biru.
• Warna Sekunder, yaitu oranye, hijau, dan ungu.
• Warna Tersier, yaitu merah-oranye, kuning-oranye, kuning-hijau, biru-hijau, biru-ungu, dan merah-ungu.
Pada umumnya hue digambarkan dalam sebuah lingkaran yang disebut color wheel. Pada Photoshop, fitur ini disebut color picker. Penggunaannya agak sedikit berbeda, dimana penggambarannya tidak berupa lingkaran, tapi persegi empat dengan sebuah vertical bar, yang memungkinkan desainer untuk memilih warna dengan lebih presisi lagi. Pemilihan hue pada Photoshop dilakukan dengan menggunakan vertical bar pada bagian tengah color picker tersebut.

b. Value ialah dimensi kedua atau derajat (gelap atau terang) suatu warna. Tingkat kecerahan paling tinggi dimiliki oleh putih, sedangkan kecerahan paling rendah dimiliki oleh hitam. Semakin
banyak unsur putih dalam warna, maka warna tersebut akan makin terang (disebut juga tint) sebaliknya, jika semakin banyak unsur hitam dalam warna, maka warna tersebut akan makin gelap (disebut juga shade).
Sebuah cahaya yang tidak mempunyai saturation berarti tidak mempunyai warna, dan biasa disebut achromatic. Penentuan saturation pada Photoshop dilakukan dengan memindahkan pointer, yang berbentuk lingkaran yang ada pada area bujur sangkar, ke kiri dan ke kanan. Jangkauan untuk saturation adalah 0 – 100, di mana paling kiri bernilai 0 dan paling kanan bernilai 100.

c. Chrom (intensitas/saturasi) ialah kuat atau lemahnya suatu warna atau tentang kecerahan dan kekusaman. Kekuatan itu diukur dari seberapa dekat dan jauhnya sebuah warna dari pigmen warna aslinya, sebagai contoh merah primer memiliki chrom waena tertinggi karena sudah identik dengan hue, sedangkan warna yang sudah bercampur dengan hitam atau putih akan diukur intensitasnya
sesuai dengan kedekatan warna terhadap warna aslinya.

Penentuan brightness pada Photoshop dilakukan dengan memindahkan pointer, yang berbentuk lingkaran yang ada pada area bujur sangkar, ke atas dan ke bawah. Jangkauan untuk saturation adalah 0 – 100, di mana paling bawah bernilai 0 dan paling atas 100.

Model Warna dalam Komputer
1. Additive merupakan warna yang berasal dari cahaya yang disebut spectrum. Warna pokok additive adalah merah (red), hijau (green), biru (blue), dalam komputer disebut model warna RGB. Jika dicampurkan warna akan menjadi warna cerah.
2. Subtractive merupakan warna yang berasal dari bahan yang disebut pigmen. Warna pokok subtractive adalah biru muda (cyan), merah muda (magenta), dan kuning (yellow) dalam komputer disebut CMYK. Jika dicampurkan warna akan menjadi warna gelap.
3. HSB / HLS– Model warna HSB, singkatan dari Hue, Saturation, dan Brightness, merupakan model warna yang dibuat berdasarkan persepsi manusia terhadap warna. Selain disebut dengan HSB, seringkali model warna ini juga disebut dengan model HLS, yang merupakan singkatan dari Hue, Lightness, dan Saturation.  Brightness menentukan banyaknya cahaya yang masuk ke mata manusia. Hue menentukan spektral warna apa yang ditampilkan, sedangkan Saturation adalah banyaknya Hue yang diberikan pada Brightness. Penggunaan model warna ini sangat praktis, dan memudahkan dalam memilih warna tertentu yang diinginkan, karena pemakai hanya diharuskan untuk memilih warna dengan mengatur 1 parameter. Biasanya model warna ini pada aplikasinya digabungkan dengan model RGB. Warna yang telah dipilih kemudian akan diubah menjadi model RGB pada saat ditampilkan di layar.
4. HSV– Kepanjangan dari HSV adalah Hue, Saturation, dan Value. Model warna HSV ini serupa dengan model HSB. Perbedaan di antara keduanya adalah pada model warna HSV, tingkatan dari masing-masing direpresentasikan dengan menggunakan persentase.
5. PANTONE– Model warna ini sering juga digunakan pada
berbagai perangkat lunak untuk pengeditan gambar. PANTONE merupakan standar warna yang sering digunakan untuk menghasilkan sebuah cetakan dengan hasil yang benar-benar akan sesuai dengan keinginan designer, karena setiap warna dalam model PANTONE, yang jumlahnya ribuan, mempunyai sebuah nomer yang unik, dimana penomeran ini merupakan standar yang telah diakui oleh dunia.
6. Bitmap- 2 warna (hitam/putih).
7. Grayscale– Merupakan warna dengan 256 macam warna dengan derajat keabu-abuan yang berbeda.

Kombinasi Warna
Kombinasi warna adalah perpaduan kombinasi warna harmoni dari warna-warna yang bersesuaian. Warna hitam, putih dan abu-abu dapat digunakan pada setiap kombinasi warna, karena ketiga warna tersebut merupakan warna netral sehingga kombinasi warnanya serasi atau harmoni. Ada dua macam harmoni yang bersesuaian, yaitu :
1. Kombinasi warna monokromatis (monochormatic), kombinasi ini menggunakan satu warna atau senada, tetapi berbeda dalam valuenya, misalnya perpaduan
warna biru laut dan pale turqoise yang masih satu turunan.
2. Kombinasi warna analog (analogous), kombinasi ini menggunakan warna-warna yang letaknya berdekatan dalam lingkaran warna, misalnya warna oranye dan merah, hijau dan biru, dan sebagainya. Kombinasi analog ini sifatnya lebih tenang dan lebih variatif daripada kombinasi satu warna (monokromatis).

Kombinasi warna lainnya yaitu kombinasi warna harmoni dari warna warna kontras. Kombinasi warna harmoni warna kontras adalah kombinasi warna-warna yang letaknya bertentangan atau bersebrangan pada lingkaran warna.
1. Kombinasi kontras dua warna atau komplemen (complementary), yaitu kombinasi warna yang letaknya bersebrangan atau bertentangan dalam lingkaran warna misalnya merah dan hijau.
2. Kombinasi kontras segitiga (triadic), yaitu kombinasi warna menggunakan tiga warna yang sama jaraknya dalam lingkaran warna, sehingga apabila ketiga warna tersebut dihubungkan akan terbentuk segitiga sama sisi.
3. Kombinasi kontras berpasangan, adalah kombinasi yang menggunakan dua pasang warna kontras yang letaknya berdekatan dalam lingkaran warna.
4. Kombinasi konstras terbagi (split complementary), adalah kombinasi yang menggunakan 3 warna yang letaknya dalam lingkaran warna membentuk segitiga sama kaki.

Sifat Warna
1. Warna hangat (warm colours) ialah warna merah, merah jingga, kuning jingga dan kuning, warna merah dianggap warna paling hangat. Menurut Maitland Graves, sifat warna hangat menggambarkan sifat positif, agresif, aktif, merangsang.
2. Warna dingin (cool colours) ialah hijau, hijau kebiruan, biru keunguan, dan ungu (violet), warna biru dianggap warna paling dingin. Menurut Maitland Graves, sifat warna dingin menggambarkan sifat negative, mundur, tenang, tersisih, aman.

Kesimpulan
Warna adalah elemen terpenting dalam desain grafis. Warna menjadi indikator pembeda antara satu objek dengan yang lain. Warna dihasilkan dari representasi sinar putih yang dihasilkan oleh matahari atau bola lampu pada spektrum prisma.

Di dunia komputer ada banyak sistem warna antara lain sistem warna, antara lain RGB (Red-Green-Blue), CMYK (Cyan-Magenta-Yellow-Black), LAB Color (lightness) A (Green-red axis) dan B (blueyellow (kahfi)axis), HLS (Hue-Lightness-Saturation). Banyaknya sistem warna karena ada perbedaan dalam aplikasi saat cetak.

References
Colorshop, A. (2018, November 23). PERBEDAAN HUE, TINT, SHADE, DAN TONE. Retrieved from http://colorshop.co.id/2018/11/23/perbedaan-hue-tint-shade-dan-tone/
kahfi, a. y. (n.d.). teori warna pengenalan dan penerapan warna dalam dunia fasshion .
SEW. (2020, Februari 12). Program Studi Informatika. Retrieved from https://informatika.uc.ac.id/id/2020/02/teori-warna-multimedia-4/

Oleh 
Marchela Niken 221481050
Fiona samahita 221481051
Aura Aprilia - 221481053
Trian Laksono Sumadi - 221481052
Hisyam mahasin azis 221481049
Muhammad Daffa alfariza sudiro- 221481054

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !