Animasi 2D

0



Pengertian Animasi 2D, Tipe dan Tekhnik Animasi 2D

Dalam dunia hiburan sehari-hari tentunya menawakan berbagai tontonan untuk semua kalangan. Mulai dari orang dewasa hingga remaja dan anak-anak. Nah, salah satu tontonan yang menghibur anak-anak adalah film animasi. Film animasi tak hanya untuk menghibur anak-anak tetapi juga membantu mendidik mereka untuk mengenal berbagai hal. Di masa sekarang film animasi dapat mudah diakses dimana saja seperti Youtube, Tiktok dan media lainnya. Dengan banyaknya jenis film animasi, terdapat jenis animasi yang membedakan animasi satu dengan lainnya. Salah satu animasi yang sering ditayangkan dan banyak dikenal adalah animasi 2D. Nah, apa sih animasi 2D itu?

Yuk kita bahas lebih lanjut mengenai apa itu animasi 2D, yaitu mulai dari Pengertian animasi 2D, tipe animasi 2D, dan teknik- teknik animasi 2D.

PENGERTIAN ANIMASI 2D 
Animasi 2d merupakan merupakan animasi yang menggunakan sketsa gambar yang digerakkan satu persatu, sehingga akan tampak seperti nyata. Disebut animasi 2d karena memiliki elemen ukuran panjang (X-axis) dan (Y-axis). Tipe animasi ini hanya dapat dilihat tampak depannya saja karena tidak memiliki kedalaman atau (Z-axis). 

Tipe Animasi 2D Ada 2 tipe yang digunakan dalam membuat animasi 2d, yaitu tipe animasi cel dan path 

Animasi Cel.

Tipe animasi cel ini berisi lembaran-lembaran di mana setiap cel memiliki satu objek yang nantinya akan disusun membentuk suatu kesatuan 

Animasi Path

Berbeda dengan tipe animasi cel, animasi path ini membiarkan objek berada di garis lintasan yang sudah ditentukan. 

Teknik Computing 2D

Berbeda dengan teknik animasi sebelumnya yang masih manual, teknik computing 2d ini memanfaatkan daya teknologi. Pada teknik ini, perancangan model hingga pengisian suara dalam animasi, dapat dibuat menggunakan komputer. 

Teknik Computing 3D

Teknik computing 3d digunakan untuk memunculkan kesan kedalaman pada objek atau animasi. Sehingga akan menimbulkan kesan objek yang semula 2 dimensi menjadi objek 3 dimensi yang dapat dibidik dari segala arah. 

Teknik Bayangan

Teknik bayangan ini memanfaatkan lempengan karton atau kulit untuk membuat figur animasi. Teknik ini biasanya menampilkan tokoh atau karakter animasi 2d dari samping sehingga gambar dapat terlihat lebih jelas.

Itulah pembahasan mengenai pengertian animasi 2D lengkap dengan tipe dan teknik animasinya. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita mengenai animasi 2D
Selamat mencoba untuk membuat animasi 2D. SemangArt untuk berkarya teman-teman semua !!
Sumber: https://blog.cakap.com/animasi-2d/

Oleh:

1. Bagas Danutirta - 221481022 2. Gery Cahya Nugraha - 221481027 3. Muhammad Aulia Arsya Adjat - 221481039 4. Aditya Ramadhan Sulistyo - 221481036 5. Pandu tribudi laksono-221481025 6. Maharani Nur Azizah - 221481038

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !